Senin, 21 Oktober 2013

Tanda Dan Penyebab Stress

Tanda stress seringkali menghampiri diri kita. Baik hal itu kita sadari atau pun tidak kita sadari. Karena memang keadaan stressor. Dan sepertinya tidak ada yang tidak pernah merasakan kebebasan dari rasa stres ini. Yang menjadi dasar yang perlu diketahui bahwasannya stressadalah sebuah bentuk ketegangan, baik yang berupa fisik atau pun mental.


Ada beberapa pengertian stress ini. Berikut adalah sebuah pengertian dari stres yang berasal dari Handoko (1997) bahwa definni ketegangan emosional atau stres ini adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Dalam menempuh kehidupan kita didunia ini dan bergaul dengan banyak manusia lainnya karena kita juga sebagai makhluk sosial yang tak terlepas dari membutuhkan, memberi dan menerima bantuan maka hal ini juga bisa merupakan salah satu penyebab timbulnya stres.

Tanda Dan Penyebab Stress

Ada beberapa Penyebab Stress yang berhubungan dengan tanda gejala stres ini yaitu : 

Penyebab stres bisa dikarenakan beberapa hal seperti berikut ini :
  • Kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang bisa berupa kesedihan atau kehilangan bahkan kegembiraan.
  • Status kesehatan.
  • Status sosial ekonomi.
  • Masalah dalam hubungan interpersonal.
  • Lingkungan masyarakat atau lingkungan kerja yang baru.
  • Kehidupan rumah tangga, pekerjaan, sekolah, masa remaja dan sejenisnya.
Setelah beberapa hal di atas yang bisa merupakan faktor timbulnya stres dalam pikiran seseorang yang sedang galau atau pun kalut maka berikut adalah tanda gejala stres yaitu :
  1. Sering Lupa. Bruce McEwen, PhD, kepala laboratorium neuro-endocrinology di Rockefeller University, di New York City mengatakan stres kronis dapat mengubah struktur sel saraf dan hubungannya dengan otak. Perubahan ini yang akhirnya dapat menyebabkan gangguan mengingat nama atau arah dan sering lupa. Hormon yang dilepaskan ketika sedang dalam masa stres akut atau berkepanjangan dapat menekan memori jangka pendek orang. Tetapi pada umumnya efek lupa ini hanya berlangsung sementara dan tidak bersifat permanen. Ini adalah salah satu dari tanda gejala stress.
  2. Sakit Kepala dan Leher kaku. Hal ini diakibatkan karena reaksi dari stress akan memacu jantung untuk berkontraksi lebih keras dari pada biasanya dan akan meningkatkan tekanan darah seseorang yang berakibat pada timbulnya sakit kepala dan leher dirasakan kencang.
  3. Merasakan Cepat Lelah. Lelah ketika mengalami stress adalah sering dirasakan oleh penderita tekanan psikologi yang berlebihan. Menurut profesor di departemen fisiologi integratif University of Colorado yaitu Monika Fleshner, PhD bahwa ketika seseorang sedang stres, maka sistem kekebalan tubuh keliru menganggapnya sebagai suatu infeksi. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, yang berdampak akan memaksa orang untuk beristirahat. Kecemasan juga dapat menyebabkan insomnia (sulit tidur), yang dapat menyebabkan kelelahan. Ini termasuk dalam gejala stress
  4. Mimpi Buruk. Ketika seseorang sedang diserang dengan kecemasan dan ketegangan tingkat tinggi maka hal ini akan berakibat seseorang tersebut mengalami mimpi yang buruk pada tidurnya. Hal ini dikatakan oleh Barry Krakow, MD, Direktur Medis dari Maimonides Sleep Arts and Sciences, Albuquerque, New Mexico bahwa ketika pikiran kita dipenuhi dengan kecemasan dan selalu merasa tegang maka mimpi buruk akan sering datang.
Sehingga kita juga perlu untuk mengetahui cara tips mengatasi stres yang bisa dilakukan dengan baik ketika sedang melakukan koping mekanisme menghadapi stress dan stressor pada diri kita sendiri. Dan juga cara atasi stress ini juga tentunya akan berbeda pada masing-masing individdu atau orang.

0 komentar:

Posting Komentar